Keutamaan Ayat Kursi Menurut Hadits

Keutamaan Ayat Kursi – Apa saja fadilah atau keutamaan dari surat Al Baqarah ayat 255 ini jika dilihat dari beberapa hadits yang ada, dan benarkah ayat ini menjadi salah satu penyebab dari masuknya seseorang mukmin kedalam surga ?, mari kita bahas lebih lengkap.

Ayat kursi sendiri jika kita artikan kedalam bahasa indonesia adalah ayat singgasana. Ayat ini terletak di surat Al Baqarah tepatnya pada ayat yang ke 255. Dan banyak sekali hadits yang menyebutkan keutamaan dari ayat yang satu ini.

Secara garis besar isi kandungan ayat kursi sendiri adalah penegasan menganai Allah Ta’ala yang maha kuasa atas segala hal serta Allah Ta’ala tidak pernah merasa keberatan atau kesulitan dalam memelihara segala sesuatu hal tersebut.

Adapun keutamaan ayat kursi menurut hadits ada banyak dan berikut ini ada 4 keutamaan yang mungkin bisa untuk kita jadikan pelajaran tambahan dalam rangka meningkatkan iman dan tawa kita kepada Allah Azza Wa Jalla.

4 Keutamaan Ayat Kursi Menurut Hadits

Berikut ini 4 keutamaan dari ayat kursi yang bisa anda pelajari.

1. Menjadi Salah Satu Perkara Masuk Surga

Dalam sebuah hadits yang telah diriwayatkan oleh An Nasa’i dan Syaikh Al Albani mengatakan bahwasannya derajat dari hadits ini adalah shahih.

Dan berikut ini arti dari hadits tersebut.

Telah bersabda Rasulullah S.A.W : ” Siapa saja orang yang membaca ayat kursi seusai dia mengerjakan sholat, maka tiada yang dapat menghalangi dirinya untuk masuk kedalam surga melainkan hanya kematian” (Hadits Riwayat An Nasa’i).

Dari bunyi hadits diatas kita bisa mengambil pelajaran yang sangat sangat berharga bahwasannya amalan amalan yang sebenarnya mudah untuk kita lakukan memiliki keutamaan luar biasa jika kita tinjau dari dasar hadits yang ada.

Dan sebagai seorang yang mengaku beriman kepada Allah Ta’ala, hendaknya kita jangan pernah meninggalkan amalan ini setelah kita selesai dari sholat, dan sikap yang baik adalah bersemangat dalam mengerjakannya untuk kebaikan dunia dan juga akhirat.

2. Bacaan Dzikir Sebelum Kita Tidur

Ketika kita hendak tidur, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam telah mengajarkan bagaimana tata cara yang baik. Dan salah satunya adalah dengan membaca Ayat Kursi sebelum kita tidur.

Karena saat kita tidur, syaitan akan mendekati diri kita pada waktu tersebut.

Dan untuk mencegah setan mendekati kita sewaktu kita tidur adalah dengan membaca ayat kursi sebelum kita menuju pembaringan kita.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam Al Bukhari yang artinya :

Telah Bersabda Nabi Muhammad S.A.W : “Apabila diri diri kalian hendak mendatangi pembaringan (tempat tidur) diwaktu malam, bacalah ayat kursi, niscaya Allah akan selalu menjaga diri diri kalian serta syaitan tidak dapat mendekati diri diri kalian sampai datangnya pagi” (HR. Bukhori).

3. Memiliki Keagungan Yang Melebihi Langit Dan Bumi

Keutamaan dari ayat kursi yang lainnya adalah memiliki keagungan yang mana keagungannya tersebut melebihi langit dan juga bumi.

Dalam Hadits Riwayat At Tirmidzi telah disebutkan keutamaan dari ayat kursi sendiri yang melebihi langit dan bumi, karena dalam ayat ini mencakup akan nama dan juga sifat Allah Ta’ala.

Dan ayat kursi merupakan perkataan Allah Ta’ala, yang mana kalamullah adalah lebih agung jika dibandingkan dengan ciptaan-Nya yang berwujud langit serta bumi.

4. Merupakan Ayat Paling Agung Didalam Al Quran

Dalam hadits Riwayat Muslim diceritakan mengenai percakapan antara Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam dengan Ubay Bin Ka’ab.

Dimana dalam percakapan tersebut Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam bertanya kepada Ubay Bin Ka’ab perihal ayat yang paling agung didalam Al Quran. Lalu Ubay Bin Ka’ab menjawab ayat kursi, dan kemudian Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam menepuk dada Ubay Bin Ka’ab seraya berkata kepada Ubay semoga dirimu berbahagia terhadap ilmu yang telah engkau miliki.