Pahala Mendengarkan Orang Membaca Al Quran

Pahala Mendengarkan Orang Membaca Al Quran – Adapun dasar hukum atau hadits serta manfaat mendengarkan bacaan Al Quran sambil bekerja, belajar atau sambil tidur sangatlah besar, lalu bolehkan hal itu ?

Sebesar apakah pahala mendengarkan orang membaca Al Quran itu ?. Dalam sebuah hadits yang cukup panjang yakni Hadits Riwayat Bukhari nomor 4582 dan Muslim nomor 800 menjelaskan tentang anjuran agar kita senang serta bisa menikmati bacaan Al Quran yang dibaca oleh orang lain, apabila kita bisa meresapi bacaan Al Quran tersebut maka tidak ayal kita akan menangis ketika dibacakan ayat ayat yang berisikan peringan serta akibat dari orang orang yang celaka di hari akhir kelak, yakni balasan berupa siksa di dalam neraka yang tidak bisa kita bayangkan dan tidak sepadan dengan kesengsaraan di dunia.

Selain dari kita bisa mendapat pahala mendengarkan orang membaca Al Quran, bacaan Al Quran itu bisa menjadi obat untuk orang orang yang terkena gangguan jin serta sihir. Kemudian bagi orang orang yang beriman, hati mereka agan bergetar ketika disebutkan nama Allah, dan akan bertambah keimanan mereka [QS. Al Anfal : 2]. Jadi dizaman yang canggih ini, sudah kita selayaknya bisa memanfaatkan dengan sangat baik dan benar. Salah satunya kita bisa download surat surat Al Quran dan mendengarkannya disetiap hari hari kita.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pun menangis tatkala Beliau Shallallahu’alaihi Wasallam mendengarkan bacaan ayat suci Al Quran yang Beliau minta dibacakan oleh Ibnu Mas’ud tepatnya pada surat An Nisa Ayat 41 yang mengatakan bahwasannya Rasulullah diminta untuk menjadi saksi atas umatnya [Hadits Riwayat Bukhari nomor 4582 dan Muslim nomor 800].

Kenapa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menangis ?, karena Beliau Shallallahu’alaihi Wasallam sangat sayang terhadap kita umatnya, dan tidak tega jika kita masuk kedalam siksa lantaran perbuatan kita selama hidup. Dan oleh sebab itu dizaman yang canggih ini mari kita pergunakan untuk selalu mengkaji Al Quran atau mendengar bacaan Al Quran yang dari itu kita mengharapkan pahala mendengarkan orang membaca Al Quran.

Dan yang menjadi catatan penting ketika kita ingin mendapat pahala mendengarkan orang membaca Al Quran adalah ke ikhlasan kita didalamnya, jangan pernah terbersit pemikiran agar ingin dipuji dan dianggap sholeh oleh orang lain, namun kita hanya berharap pahala dari Allah Jalla Jallaluh dan berharap kelak kita bisa berkumpul dengan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam di dalam surga.

Dan juga yang penting untuk kita semua adalah, penting bagi kita untuk belajar bahasa Arab, karena Al Quran itu berbahasa Arab, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam merupakan orang Arab dan juga para generasi terbaik umat islam juga orang orang Arab. Dengan kita bisa berbahasa Arab maka kita akan lebih bisa untuk meresapi dan menghayati arti dari bacaan Al Quran, dan demikian itu adalah yang lebih utama karena Al Quran di turunkan untuk dipelajari dan menjadi pedoman bagi kita semua.

Baik teman teman semua, sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini pada tema “pahala mendengarkan orang membaca Al Quran”, semoga kita jangan hanya bisa mendengarkan namun kita bisa membaca serta mampu untuk mengamalkan segala isi kandungan surat dan ayat Al Quran.